Dasar-Dasar Humas: Pengertian Humas

Related image

tugas biro konsultasi pr - Hubungan masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) yaitu sebuah seni berkomunikasi dengan umum untuk membuat sama-sama pengertian, hindari kesalahpahaman dan mispersepsi, sekaligus membuat citra positif instansi.

Jadi sebuah profesi seseorang Humas bertanggungjawab untuk memberi info, mendidik, memberikan keyakinan, mencapai simpati, dan menghidupkan ketertarikan orang-orang juga akan suatu hal atau buat orang-orang tahu dan terima sebuah kondisi.

Bagian penting dari pekerjaan petugas humas dalam suatu organisasi yaitu :

  • Buat kesan (image) –kesan baik, citra positif. 
  • Pengetahuan dan pengertian –informasi, penerangan, keterangan. 
  • Membuat ketertarikan 
  • Penerimaan –pengertian, pemahaman. 
  • Membuat/membuat simpati umum. 
Contoh aktivitas Humas yaitu melobi, bicara dimuka umum atau melakukan perbincangan umum (public speaking), mengadakan acara, dan buat pernyataan tertulis seperti launching berita.

Macam Definisi

Berikut ini beberapa pengertian atau pengertian humas/pubic relations yang saya himpun dari beragam sumber :

  • “Fungsi manajemen yang (a) menilainya sikap umum, (b) mengidentifikasi kebijakan dan tatacara seorang atau organisasi untuk kebutuhan umum, dan (c) berencana dan melakukan suatu program aktivitas untuk peroleh pengertian, pemahaman, dan support dari publiknya” (Scott M. Cutlip dan Allen H. Center). 
  • “Membantu organisasi dan publiknya untuk sama-sama menyesuaikan dengan untungkan. Usaha organisasi untuk peroleh hubungan kerja dari sekumpulan orang Menolong organisasi berhubungan dengan efisien dan berkomunikasi dengan umum utama. ” (The Public Relations Society of America). 
  • “Fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkepanjangan melalui organisasi dan instansi swasta atau umum untuk peroleh pengertian, simpati, dan support dari mereka yang berkaitan atau barangkali ada hubungan dengan riset opini umum diantara mereka. ” (International Public Relations Association/IPRA) 
  • “Proses yang berkepanjangan dari usaha-usaha manajemen untuk peroleh niat baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan umum biasanya ; kedalam dengan membuat analisa dan perbaikan pada sendiri, keluar dengan membuat pernyataan-pernyataan. ” (J. C. Seidel). 
  • “Kelanjutan sistem penetapan kebijakan, penetuan service, dan sikap yang sesuai dengan kebutuhan beberapa orang atau kelompok agar orang atau instansi itu peroleh keyakinan dan niat baik dari mereka. Proses kebijakan, service, dan sikap untuk menanggung ada pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya. ” (W. Emerson Reck). 
  • “Gabungan pada seni dan pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memprediksi konsekwensi, berikan anjuran pada pimpinan organisasi, dan melakukan gagasan aktivitas seperti sudah diputuskan untuk melayani kebutuhan umum dan organisasinya. (Public Relation World Conference). 
  • “Fungsi manajemen yang membuat dan menjaga hubungan yang baik dan bermanfaaat pada organisasi dengan umum yang merubah keberhasilan dan kegagalan organisasi itu. ” (Cutlip, Center, dan Broom) 
  • “Usaha merencanakan dan berkaitan untuk membina dan pelihara niat baik maupun pengertian dengan pada organisasi dengan orang-orangnya. ” (The British Institute of Public Relation). 
  • “Sesuatu yang terbagi dalam semua bentuk komunikasi merencanakan baik kedalam ataupun ke luar pada organisasi dengan publiknya untuk menjangkau maksud khusus, yaitu pengertian dengan. (Frank Jeffkins). 
  • “Sistem komunikasi untuk membuat kemauan baik” (Jeffkins & Daniel Yadin). 
  • “Public Relations practice is the planned and sustained effort to establish and maintain goodwill and mutual understanding between an organization and its publics” (Diane Ackerman) 
  • “Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap umum, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur perorangan dan organisasi yang miliki kebutuhan umum, dan berencana dan melakukan program tindakan dalam rencana memperoleh pemahaman dan penerimaan umum. ” (Public Relations News) 
  • “Fungsi manajemen tertentu yang menolong membuat dan melindungi lini komunikasi, pemahaman dengan, penerimaan mutual, dan kerja sama pada organisasi dan publiknya. ” (Rex F. Harlow).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox