Tips Mencari Kerja Sesuai Passion Anda

Lulus dari bangku kuliah pastinya melahirkan rasa bangga baik untuk sarjana tersebut ataupun orang tuanya. Beban kuliah sepanjang lima th. juga terasanya terlepas demikian toga dipakai dan ijazah diberikan. Beragam tantangan seperti pelajari bermacam mata kuliah dari mulai yang gampang hingga yang susah, dari mulai satu SKS ke tiga SKS sampai berburu beragam data untuk skripsi –Sampai pada akhirnya dapat meraih titik kulminasi. Tantangan untuk seseorang mahasiswa yaitu bagaimana ia dapat lulus jadi sarjana dengan predikat cum laude. Euforia kelulusan itu cuma bertahan paling lama sebulan, karena selanjutnya seseorang sarjana akan hadapi tantangan baru : bagaimana ia dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai sama bagiannya.

Banyak sarjana yang memperoleh pekerjaan yang “tidak nyambung” dengan bagian pendidikannya adalah hal yang wajar berlangsung. Sarjana pertanian bekerja di bank, sarjana ekonomi bekerja di industri fashion, sarjana tehnik melalui karier sebagai manajer farmasi dan sebagainya. Ketatnya persaingan kerja yang diikuti dengan sekurang-kurangnya perusahaan-perusahaan penyedia lowongan kerja membuat beberapa orang berusaha keras untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Karena sangat ketatnya, idealisme untuk melakukan profesi sesuai sama bagian perlahan-lahan luntur dan bertukar dengan kenyataan sulitnya memperoleh pekerjaan.

Untuk Anda yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah, maka buat persiapan jalan karier dari mulai saat ini. Bila punya mimpi jadi profesional di bagian yang sekarang ini digeluti, maka kerjakanlah beberapa langkah di bawah ini :

Aktif di Organisasi 
Jangan jadi mahasiswa pasif, mahasiswa kutu buku, mahasiswa kuper. Coba cari organisasi-organisasi yang ada di universitas dan aktiflah di dalamnya. Bila butuh, jadi ketua disana. Minimum ketua bagian. Apabila Anda saat ini sedang belajar mengenai pengetahuan kehumasan, maka upayakan Anda dapat menempati posisi sebagai ketua bagian humas di organisasi itu. Buat beragam proyek kehumasan buat bagian Anda. Tak perlu yang besar-besar, cukup yang menengah saja tetapi kerap diselenggarakan. Bila juga posisi Anda cuma untuk anggota umum, kemukakan aktivitas dimana Anda jadi ketuanya. Makin kerap, makin bagus. Ini akan menolong portofolio Anda nanti dan ada benang merah pada latar belakang pendidikan dan aktivitas ekstra kampusnya.

Ikut Seminar dan Workshop 
Banyak organisasi, terutama dari bebrapa universitas lain yang mengadakan seminar atau workshop terkait dengan beberapa topik spesifik. Tentukan dan ikutilah seminar/workshop itu terlebih yang terkait dengan pendidikan Anda. Bila Anda yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen, aktivitas bertopik prospek industri perbankan, perkiraan ekonomi th. depan, manajemen kemungkinan, sampai investasi harus Anda ikuti. Umumnya harga mahasiswa lebih murah dan tak perlu kuras kantong terlalu dalam. Jauhi seminar yang tak ada hubungan dengan jurusan Anda agar lebih efektif dan efisien. Diluar itu, ikuti juga aktivitas kursus yang terkait dengan kemampuan dan kompetensi sebagai penunjang karier Anda nanti, seperti kepemimpinan, kecerdasan emosional, dan lainnya.

Bangun Jaringan 
Bukan sekedar beberapa profesional dan pebisnis saja yang perlu untuk meningkatkan jaringan. Mahasiswa juga. Bila Anda menghadiri seminar atau workshop, coba berteman dengan narasumbernya dan minta nomer kontaknya. Minimum Anda telah memberi rekan baru. Sering-sering bertegur sapa melalui dunia maya, undang dia ke sosial media yang Anda miliki, berikan komentar tiap-tiap ia memposting suatu hal, dan bila butuh kapan-kapan bawalah dia untuk berjumpa. Jaringan ini tidak saja mesti dengan beberapa orang populer atau beberapa ahli, bahkan juga sesama mahasiswa juga butuh. Cari rekan yang kurang lebih punya potensi jadi berhasil di saat depannya dan bertemanlah dengannya. Siapa tahu, nantinya dari rekan berikut pekerjaan Anda di hari esok akan makin berhasil.

Membuat Blog 
Di masa digital seperti saat ini, dimana sudah lahir rencana “Youniverse” yang berpusat pada seorang, maka internet yaitu satu diantara pengungkit (leverage) yang dapat mendukung karier Anda di hari esok. Buat situs (blog) yang kontennya terkait dengan bagian Anda, rajin-rajin meng-update berisi, dan promosikan situs (blog) itu melalu beragam kanal sosial media yang Anda punyai. Bila waktu menuju kelulusan sekitaran dua th. lagi, maka itu yaitu waktu yang cukup untuk lakukan personal branding. Katakanlah dalam satu bulan Anda dapat menulis 5 artikel di situs (blog) itu, berarti demikian lulus Anda telah memiliki 120 artikel yang terkait dengan bagian pendidikan Anda. Tidakkah ini akan meningkatkan daya jual Anda di banding sarjana lain yg tidak pernah menulis satu situs (blog) juga? Selamat mencoba! sewa kantor murah jakarta selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox